Home » , , » Membuat GIF animasi dengan Adobe Photoshop

Membuat GIF animasi dengan Adobe Photoshop

Nah sobat warta kali ini saya akan sharing tentang Membuat GIF Sederhana dengan Photoshop. Yang saya gunakan disini Photoshop CS5 tapi pada dasarnya semua sama.
Sobat warta pasti tau GIF kan ? GIF disini bukan merek sabun mandi tapi Graphics Interchange Format :).
GIF merupakan gambar yang bergerak-gerak.. 
tapi jangan takut karna kita sendiri yang membuatnya bergerak-gerak hehe..
Hanya dengan menggunakan Photoshop sobat warta sudah bisa mendapatkan gambar dengan format GIF (Hadiah kaliii).
Ok langsung saja bagi sobat warta yang ingin mencoba membuat GIF ,Berikut ini langkah-langkah dasar membuat GIF dengan Photoshop.

1. Yang Pastinya Sobat warta Buka Aplikasi Adobe Photoshop
2. Untuk membuat GIF Sobat Warta harus menambahkan window animation pada Photoshop. Caranya klik menu Window pilih Animation. Hingga muncul jendela animation seperti ini
3. Buat file baru.  File - New (untuk pengaturan lanjutanya sobat Warta bisa sesuaikan dengan keinginan sobat)
4. Buat desain GIF nya. (Disini saya akan memberi contoh GIF berupa gambar Love)

 Seperti terlihat pada gambar, saya membuat gambar Love dalam beberapa layer, tidak sekaligus dalam satu layer . Karena saya ingin memunculkan beberapa gambar dalam berbeda-beda posisi, kalo sama posisinya sama saja seperti gambar statis heheheh
 5. Pada jendela animation, duplikat frame yang ada menjadi beberapa frame sesuai keinginan kita. (icon kecil dibawah)
 (Disini saya akan menduplikat frame nya menjadi 5 frame, karena saya akan menampilkan 5 bagian terpisah)
6. Pada masing-masing frame, Munculkan layer yang ingin dimunculkan, pada bagian yang tidak ingin dimunculkan buat menjadi Invisible, dengan cara menghilangkan tanda mata yang ada di kiri layer. 

Contohnya pada frame pertama saya ingin memunculkan layer love tegak, maka hanya layer tersebut yang visible, layer lainnya invisible. Pada frame kedua saya ingin memunculkan layer love agak miring, maka hanya layer tersebut yang visible, layer lainnya invisible. Begitu pula layer ketiga dan seterusnya
7. sekarang untuk mengatur timing tiap Frame sobat tinggal mengklik tanda segitiga hitam yang ada di bawah tiap-tiap frame.





  
8. Kalo sudah selesai semuanya tinggal di save. Caranya : Klik menu File - Save for Web &Devices. 

Sobat warta bisa improv dengan berkreasi ,di sini saya menambahkan kalimat penutup
dan hasilnya seperti Dibawah ini


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 komentar:

 
Support : | Cepot Berkata |
Copyright © 2011. Warta Dari Kang Cepot - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger